Loading...

Senin, 19 Desember 2011

MAKNA LAMBANG KWARDA JATIM

MAKNA LAMBANG KWARDA JATIM
Kiasan dan Makna Bentuk Gambar Lambang

1. Perisai
Perisai simetris sederhana bersegi lima, merupakan symbol pancasila sebagai pengaman guna melindungi dan menanggulangi setiap bahaya, ancaman,serangan dan ancaman. Melambangkan bahwa pramuka jawa timur dengan berbekal jiwa pancasila siap menghadapi segala macam bahaya, ancaman, serangan dan tantangan hidup.
2. Tulisan Jawa Timur
Tulisan Jawa Timur warna merah pada perisai bagian atas di atas dasar warna putih. Melambangkan sikap pemberani,pantang menyerah,pantang putus asa, kesatria, berani karena kebenaran. Menggambarkan kebulatan tekad untuk menempuh rintangan/halangan serta perwujudan watak pemberani dari pramuka Jawa Timur.
3. Tugu Pahlawan
Tuguh pahlawan dengan sepuluh bagian bangunan berdiri tegak ditengah depan gapura. Melambangkan keteguhan semangat pahlawan yang patriotik selalu membara di dada setiap pramuka Jawa Timur. Sekaligus melambangkan dasa dharma Pramuka sebagai ketentuan moral Pramuka.
4. Gapura 
Gapura bentar bersisi dua, dengan tiga sap praofil (kaki, badan dan kepala).
Melambangkan Candi Bentar yang merupakan kiasan asas kejayaan daerah jawa timur sejak dahulu kala, sewaktu kejayaan kerjaan Airlangga dan kerajaan Majapahit sampai sekarang. Menggambarkan perjuangan Pramuka Jawa Timur. Dua sisi gapura (sepasang) menggambarkan pramuka putera dan puteri juga dwi satya dan dwi dharma. Sedangkan tiga sap profil menggambarkan Tri Satya. Dwi satya dan tri satya merupakan janji pramuka. Sedangkan dwi Dharma merupakan ketentuan moral Pancasila.
5. Gunung.
Gunung berdiri koko melambangkan bahwa wilayah jawa timur terdapat banyak gunung menjulang tinggi, termasuk yang tertinggi adalah gunung semeru. Menggambarkan cita-cita tinggi Pramuka Jawa Timur. Gunung sekaligus menggambarkan tanah yang ada diatas gelombang samudra dan aliran sungai. Melambangkan tanah di wilaya Jawa Timur sebagian besar subur dan terkandung didalamnya kekayaan alam yang tidak ternilai. Hal ini menggambarkan bahwa setiap pramuka jawa timur mencintai lingkungan hidup dan tanah airnya. Sekaligus menggambarkan bahwa pramuka Jawa Timur memiliki potensi tinggi, apabila memperoleh pembinaan yang tepat akan menjadi sumber daya yang berkualitas.
6. gelombang samudra dan Alun Sungai
Gelombang ombak samudra di bawah dan tengah, melambangkan bahwa wilayah jawa timur sebagian besar di kelilingi gelombang samudra. Alun sungai kanan dan kiri di bawah tanah /gunung di kiri dan kanan tunas kelapa, melambangkan sungai-sungai yang ada di Jawa Timur, di antaranya dua sungai besar yaitu sungai Brantas dan Solo.
Samudra dan sungai keduanya sangat bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini melambangkan Pramuka jawa timur memiliki wawasan yang luas dan semangat pengabdian yang tinggi serta bermanfaat bagi kemajuan masyarakat.
7. Tunas Kelapa 
Satu tunas kelapa berdiri tegak di tengah perisai. Melambangkan tekad tunggal pramuka yang merupakan potensi generasi penerus perjuangan bangsa, yang berguna dalam situasi apapun dalam pembangunan juga dalam mencapai tujuan nasional.

Makna Warna Lambang
1. Kuning : Berarti Kebebasan, Kegairahan, Kegembiraan, kedinamisan, menggambarkan pula sifat trengginas, juga melambangkan kemakmuran.
2. Biru : berarti kesetiaan, keikhlasan, ketenangan, dan kesukarelaan dalam mengabdi kepada ibu pertiwi.
3. Hitam : berarti kekuatan, kewibawaan, menggambarkan pula sifat tatag, tangguh dan tanggon.
4. Hijau : berarti kesuburan, kesegaran, ketentraman, kemakmuran, kedamaian, menggambarkan pula sifat kematangan jiwa dan kesabaran.
5. Merah : berarti berani, kebulatan tekad untuk menempuh rintangan dan alangan.
6. Putih : berarti kesucian, menggambarkan pula suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. 

Ringkasan Materi Si. Pram Trawas http://sipram-sipram.blogspot.com/ di postkan oleh kak Aya 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar