Selasa, 13 Desember 2011

Lambang Gerakan Pramuka


LAMBANG GERAKAN PRAMUKA

a.      pengertian lambang gerakan pramuka.
          Lambang gerakan pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan sifat,keadaan,nilai dan norma yang dimiliki oleh setiap anggota pramuka.

          Lambang tersebut diciptakan oleh Almarhum Bapak SOENARDJO ADMODI PURO, beliau adalah seorang Pembina pramuka yang aktif yang bekerja sebagai pegawai tinggi departemen pertanian di BOGOR.

          Lambag gerakan pramuka di pergunakan sejak tanggal 14 agustus 1961, pada panji gerakan kepanduan nasional indonesia yang dianugrahkan kepada gerakan pramuka.

b.      bentuk lambang gerakan pramuka.
           Bentuk lambang gerakan pramuka adalah    gambar bayangan tunas kelapa (silhaulte).

c.   arti kiasan lambang gerakan pramuka.

1.  buah nyiur dalam keadaan tumbuh, dinamakan cikal bakal istilah cikal bakal    di indonesia, berarti: ”penduduk asli yang pertma menurunkan genersi baru”. jadi buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa setiap anggota pramuka adalah inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

2.  buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. mengkiaskan bahwa setiap anggota pramuka adalah seorang rohania dan jamania sehat,kuat dan ulet, serta besar tekatnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dalam segala ujian dan kesukaran utuk mengabdi kepada tanah air dan bangsa Indonesia.

3.   nyiur dapat tumbuh dimana saja,yang membuktikan besar daya upaya dalam menyesuaikan dirinya dengan keadan sekelilingnya.yaitu mengkiaskan bahwa setiap anggota pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat dimanapun ia berada dan dalm yang bagaimanapun.

4.  nyiur yang tumbuh menjulang lurus keatas dan merupakan salah satu pohon tertingi di Indonesia.yang mengkiaskan bahwa setiap anggota gerakan pramuka mempunyai cita -  cita yang tinggi dan lurus,mulia dan jujur serta ia tetap tegak tidak mudah diombang ambingkan oleh sesuatu apapun juga dan dalam keadaan yang bagaimanapun juga.

5. akar nyiur tumbuh kuat dan erat didalam tanah,mengkiaskan tekat dan keyakinan setiap anggota pramuka yang berpegang teguh pada dasar – dasar dan landasan – landasan yang baik,benar,kuat dan nyata yaitu tekat serta keyakinan untuk memperkuat dan guna mencapai cita – cita.

6.  nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung hingga akarnya,mengkiaskan bahwa setiap anggota pramuka adalah manusia yang berguna bagi keluarga,masyarakat,agama,bangsa dan Negara serta membaktikan diri kepada tanah air.





Tiada Pramuka Yang Terlatih Semua Berlatih

Tiada Yang Mudah Tiada Yang Tidak Mungkin

Selamat Berlatih Dan Terus Berlatih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar